Sebuah Refleksi Diri

Sunday, April 06, 2008

Nada Sambung Gratis

"Selamat,Anda dpt NadaSambung Gratis dr esia selama 15 hari,stlh masa gratis berakhir akan dikenakan biaya normal,utk ganti lagu kirim RING 8 atau RING 9 ke888". Itu adalah sms yang saya terima dari operator esia. Sebenarnya saya tidak suka menggunakan nada sambung (ring back tone), karena buat saya pribadi tidak ada gunanya. Kalau mau mendengarkan lagu mending dari CD atau mp3, suaranya jauh lebih bagus. Lagi pula yang bisa mendengarkan lagunya adalah yang menelpon bukan kita sendiri. Jadi kita membayar untuk orang lain.

Kembali ke isi sms tadi. Karena gratis dan otomatis jadi saya terima saja lagipula karena masuk otomatis tidak dapat saya tolak. Karena penasaran dengan lagunya, saya langsung coba menghubungi hp esia saya menggunakan hp GSM. Betapa kagetnya saya ketika mendengar lagu yang dijadikan nada sambung oleh operator. Ternyata lagunya adalah lagu dangdut. Tidak hanya itu lagu dangdutnya ternyata sangat asing bagi saya baik penyanyi maupun judul lagunya. Jadi sebel aja sama operatornya. Kalau memang mau ngasih nada sambung gratis harusnya lagunya yang bagus jangan lagu dangdut yang tidak jelas. Kalau tidak mau ngasih nada sambung gratis lebih baik tidak usah saja, toh saya tidak butuh nada sambung atau ring back tone seperti itu. Yang saya takutkan adalah isi dari sms tadi yang mengatakan bahwa setelah masa gratis berakhir akan dikenakan biaya normal. Ini artinya apa? Apakah setelah 15 hari nada sambung akan otomatis berhenti karena saya memang tidak ingin berlangganan, atau secara otomatis saya akan dikenakan biaya normal karena sudah melewati masa gratis. Jika yang terjadi adalah yang kedua berarti saya telah dirugikan oleh operator, karena secara tidak langsung memaksa saya (pelanggan) untuk berlangganan nada sambung padahal itu bukan kemauan saya. Dan ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada saya tetapi juga pada dosen saya. Operator telekomunikasi di Indonesia memang aneh!!!

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: