Sebuah Refleksi Diri

Saturday, December 29, 2007

Siapakah Penemu Telepon?

Sebuah buku yang berjudul "The Telephone Gambit: Chasing Alexander Graham Bell's Secret" karya seorang jurnalis yang bernama Seth Shulman cukup menghentakkan dunia. Buku tersebut menyebutkan bahwa Alexander Graham Bell yang selama ini kita kenal sebagai penemu telepon dituduh telah mencuri ide dari rivalnya sesama ilmuwan dari Amerika, yaitu Elisha Gray.

Buku tersebut mengungkit sebuah jurnal atau catatan penelitian Bell yang selama ini selalu berusaha disembunyikan dari publik oleh keluarga Bell hingga 1976, yang akhirnya dapat tersebar luas berkat bantuan teknologi digital.

Jurnal tersebut memaparkan secara rinci usaha Bell dan Thomas Watson, asistennya, untuk mentransmisi suara lewat kabel secara elektromagnetik pada 1876. Setelah percobaannya gagal, Bell pergi ke kantor hak paten di Washington untuk menanyakan secara detail hak paten milik Gray.

Tidak lama kemudian, Bell menemukan jenis transmiter lain (prototip dari telepon) yang diyakini mirip dengan ide Gray, termasuk bagan kasar orang yang sedang berbicara di telepon.

Kecurigaan lainnya muncul ketika di persidangan tahun 1878 untuk mengungkap penemu telepon sejati, Bell kebingungan memberikan pernyataan dan gugup saat diminta mendemonstrasikan perangkat telepon di hadapan Elisha Gray.

Sebelumnya pada tahun 1860,
Johann Philipp Reis, seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman telah menemukan sebuah piranti telepon, walaupun piranti tersebut memiliki prinsip kerja yang berbeda. Ironisnya hingga kini banyak orang yang masih menyakini bahwa Alexander Graham Bell adalah Bapak penemu telepon.

Kongres Amerika Serikat telah mengeluarkan resolusi untuk meredakan kontroversi ini dengan menyatakan bahwa penemu telepon sebenarnya adalah Antonio Meucci, warga Italia, bukan Philipp Reis, Bell atau pun Gray.

Labels:

1 Comments:

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: