Sebuah Refleksi Diri

Saturday, April 12, 2008

Ngawas Ujian

Hari jumat kemarin, tanggal 11 April 2008, saya menjadi pengawas ujian Sistem Komunikasi I. Selama ujian saya memperhatikan beberapa mahasiswa peserta ujian dan tingkah lakunya selama ujian. Ternyata tingkah laku mereka cukup unik. Saya mengatakan demikian karena ketika saya menjadi mahasiswa S1 sepertinya tidak ada diantara kami yang bertingkah laku seperti tiu.

Tingkah laku mereka yang saya perhatikan seperti sengaja terlambat masuk ke ruang ujian karena masih belajar di luar kelas. Ujian dimulai pukul 13.00 - 15.00 wib. Namun ada mahasiswa yang baru masuk pukul 13.30 wib. Mungkin si mahasiswa merasa belum siap jika masuk ujian tepat waktu, jadi untuk menambah ke"pede"annya dia belajar lagi beberapa menit sebelum ujian. Padahal menurut saya belajar beberapa menit atau bahkan beberapa jam sebelum ujian tidak efektif, malah bisa membuat kita makin panik.

Ada juga yang karena mungkin tidak bisa mengerjakan soal selalu melirik ke teman di sebelahnya. Dan setelah lembar jawaban di serahkan isinya ternyata hanya salinan soal saja. Lebih dari satu orang yang melakukan ini. Saya juga tidak tahu kenapa mereka hanya menyalin soal saja. Apakah soalnya yang terlalu sulit atau mereka yang tidak memahami apa yang diajarkan atau mereka malas belajar. Menurut saya pribadi, jika mereka mengerti dan memahami materi yang diajarkan saya yakin mereka pasti bisa mengerjakan, karena soalnya tidak jauh dengan soal latihan yang pernah diberikan, jadi kemungkinan pertama sangat kecil. Jika karena alasan yang kedua, harusnya ini bisa diatasi dengan bertanya kepada dosen ketika kuliah atau bertanya kepada temannya yang lebih mengerti. Mungkin juga hal ini jarang terjadi karena rata-rata mahasiswa Teknik Elektro ITB gengsinya cukup besar. Sedangkan jika karena alasan yang ketiga berarti itu memang kesalahan mahasiswa yang bersangkutan, bukan salah dosen atau teman-temannya.

Tingkah laku yang lain lagi adalah tidur ketika ujian. Ada diantara mereka yang tidur selama ujian. Entah karena sudah selesai mengerjakan soal ujian atau karena sudah tidak bisa lagi mengerjakan soal sehingga dia lebih memilih untuk tidur. Memang selama ujian di luar terjadi hujan dan suhu ruangan juga cukup sejuk karena temperatur AC saya pasang pada 22 derajat celcius.Hmmm...Ada-ada saja.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: