Sebuah Refleksi Diri

Sunday, February 05, 2006

Dilarang Merokok!!!


Saya termasuk orang yang benci rokok, dan saya merasa senang ketika mendengar perda tentang larangan merokok di tempat umum akan mulai diberlakukan di Jakarta mulai hari Sabtu, tanggal 4 Februari 2006. Sebagai seorang yang bukan perokok, jujur saja saya merasa terganggu dengan kehadiran orang yang merokok di sekitar saya apalagi kalau terjadi di tempat umum.

Jika orang yang merokok tersebut berdalih bahwa merokok adalah hak mereka, saya pun punya hak untuk menghirup udara yang bebas asap rokok. Lebih menyebalkan lagi jika perokok tersebut merokoknya di angkutan umum, padahal di dalam angkutan umum terdapat banyak orang bahkan ibu – ibu dan anak – anak. Apakah mereka tidak memakai hati nuraninya bahwa mereka telah merugikan orang lain dengan merokok di tempat umum. Menurut penelitian beberapa ahli, perokok pasif lebih rentan terhadap bahaya asap rokok, karena menurut mereka, perokok pasif tidak memiliki antibodinya.

Dengan diberlakukannya perda tersebut, semoga udara lebih bebas dari asap rokok, terutama di tempat – tempat umum seperti angkutan umum, perkantoran, mall, dan tempat umum lainnya. Jika ingin merokok, merokoklah di sebuah ruangan tertutup dan nikmati sendiri asap rokok tersebut. Semoga perda tersebut dipatuhi oleh segenap masyarakat dan segera diikuti oleh kota – kota lain selain Jakarta. Semoga pemkot Bandung juga segera menetapkan dan memberlakukan perda tentang larangan merokok di tempat umum.

2 Comments:

  • gue juga benci rokok, perokok dan asap rokoknya. Bisa tewas gue klo deket perokok... heheh hiperbola yak...
    yg pasti, gue sgt mendukung perda larangan merokok ini!!
    Sebel aja, tar gue lagi hamil trus naek bis disekelilingnya ada perokok dan asap rokoknya. Huh.. gak bisa bayangin deh... :(
    (btw, merit aja blom dah mikir hamil hehe..)

    By Blogger .n.a.n.a., at February 09, 2006 9:14 PM  

  • @nana
    Betul na. Mending merit dulu aja deh, baru mikirin hamil :p

    By Blogger frequenzy, at February 15, 2006 8:18 AM  

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: