Sebuah Refleksi Diri

Monday, April 03, 2006

A Beautiful Day

Long weekend pekan kemarin banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk pulang ke rumah -berkumpul bersama keluarga- atau berlibur ke tempat rekreasi. Liburnya memang cukup lama yaitu empat hari. Hal ini terjadi sebagai akibat dari kebijakan pemerintah yang menetapkan pada hari Jumat tanggal 31 Maret 2006 sebagai hari cuti bersama. Dengan kebijakan pemerintah tersebut, sebagian besar kantor, sekolah, maupun perguruan tinggi diliburkan.

Sebenarnya saya juga berencana untuk pulang ke rumah pada liburan pekan kemarin. Namun akhirnya rencana tersebut saya tunda setidaknya untuk dua pekan ke depan meskipun saya harus memendam perasaan kangen saya terhadap orang tua dan saudara – saudara saya di rumah. Selain itu saya juga ingin melihat keponakan pertama saya yang baru lahir tanggal 23 Maret 2006 kemarin.

Ada bisikan yang mengatakan bahwa saya sebaiknya tetap tinggal di Bandung saja. Mungkin juga ini sudah rencana Allah yang maha mengetahui. Dengan saya menunda rencana untuk pulang ke rumah tersebut, ternyata ada beberapa kejadian yang tak terduga terjadi selama saya tetap tinggal di Bandung akhir pekan kemarin.

Pertama, saya bisa sholat Jumat di masjid Salman ITB (lagi). Sudah lama saya tidak sholat Jumat di masjid Salman ITB. Sudah hampir enam bulan sejak saya bekerja, saya tidak pernah sholat Jumat di Masjid Salman ITB mengingat lokasi tempat saya bekerja jaraknya cukup jauh dengan masjid Salman ITB. Selalu ada yang istimewa jika sholat Jumat di masjid Salman ITB. Selain isi khotbah Jumat-nya yang bagus, sehingga setelah selesai sholat Jumat saya selalu mendapatkan ilmu baru, saya juga menyukai suasana di sana seperti adanya pasar kaget.

Pasar kaget di sekitar lingkungan masjid Salman ITB berlangsung hanya pada hari Jumat saja sama seperti pasar kaget di sekitar lapangan gazibu yang berlangsung setiap hari Minggu. Pasar kaget tersebut selalu ramai dipenuhi oleh para pengunjung terutama jamaah sholat Jumat. Tidak lupa pula setelah selesai sholat Jumat di masjid Salman ITB kemarin, saya membeli beberapa barang di sana karena harga barangnya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di toko.

Kedua, saya dapat bertemu (lagi) dengan orang – orang istimewa -setidaknya menurut saya pribadi- yang sudah lama tidak bertemu sejak saya meninggalkan kampus ITB tecinta. Sungguh peristiwa yang tak terduga saya bisa bertemu dengan orang – orang tersebut. Namun demikian saya tetap bersyukur kepada Allah karena saya masih dipertemukan lagi dengan mereka. Dari beberapa teman yang saya temui, satu diantaranya memberikan kesan tersendiri bagi saya. Meskipun pertemuan tersebut berlangsung cukup singkat namun memberikan kesan yang begitu mendalam bagi saya. Belum banyak yang berubah dari dirinya seperti senyumnya yang manis dan wajahnya yang teduh ketika dipandang.

Peristiwa hari Jumat, 31 Maret 2006, kemarin benar – benar luar biasa. Ada semacam tambahan “energi” dalam diri saya. Setiap sel – sel dalam tubuh ini bagaikan telah diganti dengan sel –sel yang baru menggantikan sel – sel yang lama. Seperti tanaman yang sudah layu namun segar kembali setelah mendapatkan siraman air. Ada semangat baru untuk menghadapi hari esok. Semoga semangat ini tidak lekas meredup. Rencana Allah memang yang terbaik untuk kita semua. Wallahu A’lam.

Labels:

1 Comments:

  • jadi ini toh maksud status YM nya kemaren... hihihi... senangnya yg abis melihat 'senyum'nya kembali
    tuiitt.. tuiittt...
    *kabuuurrr*

    By Blogger .n.a.n.a., at April 05, 2006 3:58 PM  

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: