Sebuah Refleksi Diri

Friday, June 09, 2006

Tak Ada YM, Meebo/YahELite pun Jadi

Sudah dua hari ini saya tidak berhadapan dengan yahoo messenger (YM). Dua hari tidak bisa online dengan YM seperti terputus dengan dunia maya. Maksudnya tidak bisa berhubungan dengan teman dan kolega *halah bahasanya*. Saya tidak tahu apakah memang tidak bisa terhubung dengan server yahoo messenger atau port 5050-nya -port yang digunakan untuk aplikasi YM- diblok oleh admin seperti yang kebanyakan terjadi di tempat lain. Tetapi semoga saja port 5050-nya tidak diblok. Seperti teman saya pernah cerita bahwa YM di tempatnya bekerja akan segera diblok.

Namun demikian saya tidak menyerah begitu saja. Demi bisa online dari kantor, saya “bergerilnya” mencari aplikasi yang fungsinya hampir mirip dengan YM, namun dapat digunakan dengan tidak menggunakan port 5050. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari teman kantor, dapat menggunakan “aplikasi” alternatif yaitu meebo, karena meebo ini tidak di-install seperti YM namun kita hanya masuk ke alamat situsnya kemudian memasukkan account kita. Untuk menggunakannya bisa mengunjungi di sini. Meebo mirip dengan YM hanya saja menggunakan port http. Pada halaman depan akan muncul pilihan beberapa messenger yang sudah dikenal seperti ICQ, GTalk, MSN, maupun Yahoo! Messenger tentunya. Saya sudah mencobanya dan memang banyak fitur dari YM yang tidak dimiliki oleh meebo, seperti conference, archive, dan emoticon-nya yang sangat terbatas.

Jika meebo harus menggunakan browser, seperti IE maupun Firefox -menurut teman saya juga, Opera tidak bisa digunakan untuk membuka meebo, namun saya sendiri belum mencobanya-, ada aplikasi lain yang juga mirip dengan YM yaitu YahELite. Bahkan YahELite ini lebih mirip dengan MIRC -aplikasi untuk chatting yang dulu sempat terkenal- karena jika kita login, kita akan langsung masuk ke chat room. Bagi yang tidak suka masuk ke chat room mungkin sedikit mengganggu. Saya belum tahu bagaimana cara untuk keluar dari chat room tapi tidak keluar dari messenger. Karena ketika saya coba keluar dari chat room ternyata otomatis juga keluar dari messenger. Untuk mendapatkan aplikasinya dapat di download di sini. Jika dibandingkan dengan meebo, YahELite fiturnya lebih lengkap. Dia mempunyai emoticon yang lebih banyak, bahkan hidden emoticon -yang di YM tidak muncul- pun muncul di YahELite, dapat masuk ke chat room seperti yang saya katakan sebelumnya –meebo tidak bias masuk ke chat room-, juga terdapat spam filtering. Fitur – fitur lainnya dapat Anda lihat sendiri setelah Anda menggunakannya.

Kelebihan lain YahELite tentunya dia tidak harus menggunakan port 5050 -seandainya port 5050 diblok oleh admin-. YahELite bisa menggunakan port 8001 maupun 8002. Namun port 8001 dan 8002 hanya muncul pada pilihan CHAT2. Dalam YahELite ada empat pilihan yaitu CHAT & PAGER, PAGER, YMSG, dan CHAT2. Saya sendiri juga baru menggunakannya jadi belum tahu banyak tentang fitur dari YahELite. Namun dari segi tampilan tidak terlalu mengecewakan.


Ps: Bagi yang port 5050-nya diblok dan ingin selalu online bisa mencoba dua aplikasi di atas. Selamat mencoba.

2 Comments:

  • he...he...he... aku juga pakai meebo lho. :D

    By Blogger purwa, at June 16, 2006 8:59 AM  

  • berkat nasihat seorang teman di Kuwait, sejak setengah tahun terakhir saya pakai Yahelite. Dan sepanjang pengalaman saya, yahelite itu asyiknya buat ngeroom... walau asyik juga buat PM-an... tapi untuk PM-an dan conference lebih asyikan pakai YM.... Meebo? berkat kamu, saya jadi kenal. Makasih ya...
    :D

    By Anonymous Anonymous, at September 02, 2006 7:35 PM  

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: