Sebuah Refleksi Diri

Monday, July 17, 2006

Jelajah Dunia

Bagi Anda yang ingin mengetahui peta negara – negara Eropa, atau ingin mengetahui koordinat menara Eiffel, atau sekedar ingin mengetahui foto udara kampung halaman, sekarang Anda tidak perlu membeli peta topografi atau citra satelit ke departemen pertahanan karena harganya yang cukup mahal. Kini Anda bisa melakukan semua itu hanya dari depan PC Anda -dengan syarat PC Anda terhubung dengan internet- dan dengan bantuan software Google Earth.

Dengan google earth Anda bisa menjelajah ke seluruh dunia. Anda bisa melihat peta topografi hampir di seluruh permukaan bumi. Google Earth dapat diperoleh secara gratis dan oleh karena itu isinya pun dibatasi. Tidak selengkap yang dimiliki oleh departemen pertahanan Amerika. Apalagi ini merupakan hasil dari citra satelit yang harganya mahal dan rahasia –maksudnya tidak dapat diperoleh dengan mudah-. Oleh karena itu tidak semua lokasi dapat dilihat detailnya. Untuk Indonesia, hanya kotakota besar saja yang gambarnya cukup bagus dan beberapa kotakota kecil lainnya. Sebagian besar kotakota tersebut berada di pulau Jawa. Untuk di luar pulau Jawa, gambarnya lebih sedikit lagi.

Untuk memperoleh Google Earth, Anda dapat mengambilnya di sini. Ada juga juga yang versi 4 namun masih beta. Untuk Google Earth versi 4 dapat diambil di sini. Ukuran filenya tidak terlalu besar yaitu sekitar 11-13 MB. Sebelumnya saya katakan bahwa untuk menikmati layanan ini PC Anda harus terhubung dengan internet. Hal tersebut karena ketika kita akan mencari lokasi tertentu di muka bumi ini, PC kita akan terhubung dengan server milik Google, karena semua gambar tersimpan di sana. Prosesnya dilakukan secara streaming. Jadi kecepatan untuk membukanya tergantung dari jaringan. Namun demikian, jika menginginkan gambarnya, Anda dapat menyimpannya ke dalam harddisk dalam format *.jpg. Berikut adalah contoh gambar yang saya ambil:






Gambar di atas merupakan salah satu sudut kota Bandung jika dilihat dari atas dengan ketinggian 6000 kaki. Tepat di tengah – tengah gambar adalah stasiun kota bandung. Di situ terlihat beberapa rel kereta api. Dapat dilihat juga bahwa betapa tidak teraturnya tata kota bandung. Untuk melihat kotakota lainnya Anda dapat mencobanya sendiri. Selamat mencoba!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: