Sebuah Refleksi Diri

Monday, August 06, 2007

Russian to English

Beberapa hari yang lalu saya masuk ke forum edaboard. Ini merupakan salah satu forum yang sering saya kunjungi setiap hari karena banyak informasi yang saya peroleh dari forum ini terutama tentang RF. Sebenarnya forum ini tidak hanya melulu tentang RF tetapi juga ada tentang Application Specific Integrated Circuit (ASIC), microcontroller, Digital Signal Processing (DSP), embedded system, network, communication system, dan masih banyak lagi.

Waktu itu saya tertarik dengan judul topik
SRD sub-nanosecond pulse generator. Saya tertarik dengan topik tersebut karena saya ingin tau lebih banyak tentang SRD pulse generator yang insyaAllah berhubungan dengan tesis saya nanti *halah padahal baru masuk udah ngomongin tesis*. Di sana ada seorang anggota yang memberikan link tentang SRD pulse generator. Namun setelah saya buka link tersebut ternyata berbahasa Rusia. Karena saya tidak mengerti bahasa Rusia, saya meminta kepada orang yang memberikan link tersebut untuk mentranslate-nya ke bahasa Inggris.

Sebelum orang yang saya minta mentranslate tersebut muncul orang lain lagi yang memberikan link ini yang bisa digunakan untuk men-translate artikel dari beberapa bahasa seperti Cina, Jepang, Korea, Belanda, Perancis, German, Yunani, Italia, Spanyol, Portugal, dan Rusia ke dalam bahasa Inggris dan sebaliknya. Tadinya saya agak ragu juga dengan layanan ini. Tapi setelah saya coba ternyata berhasil. Bahkan bisa men-translate satu halaman web penuh ke dalam bahasa Inggris. Saya coba mengcopy-paste halaman web yang dalam bahasa Rusia tadi. tidak lama kemudian muncul halaman baru dalam bahasa Inggris. It's great!!! Meskipun demikian gambar-gambar yang dalam bahasa Rusia tidak berubah, masih tetap dalam bahasa Rusia. It's OK, at least artikelnya sudah bisa dibaca :D

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: