Sebuah Refleksi Diri

Monday, August 28, 2006

Ketika Pluto Harus Keluar

Tulisan ini bertujuan selain untuk menambah wawasan kita tentang alam semesta ini juga untuk membantu Depdiknas dalam menyebarkan info mengenai dikeluarkannya planet Pluto dari sistem tata surya kita.

Dulu, ketika saya masih duduk di bangku sekolah bahkan hingga selesai kuliah S1, dalam literatur dikatakan bahwa dalam sistem tata surya kita terdapat sembilan planet yang mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya. Kesembilan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Itu adalah jumlah planet sebelum tanggal 24 Agustus 2006.

Sejak tanggal tersebut planet Pluto resmi dikeluarkan dari sistem tata surya kita. Keputusan itu diambil oleh sebuah perkumpulan Pekerja Astronomi Internasional (IAU) dalam sebuah pertemuan di Praha, Rep. Ceko, Kamis (24/8/2006). Dalam keputusannya bahwa akan dibenahi kembali buku – buku mata pelajaran sekolah dan dibentuk ulang suatu ide mengenai topografi angkasa.

Alasan dikeluarkannya planet Pluto dari sistem tata surya kita adalah Pluto tidak memiliki jalur orbit yang jelas dan bersih, meski ukurannya cukup besar dan mengorbit pada matahari. Sekarang Pluto digolongkan sebagai planet kerdil.

Informasi ini cukup penting karena ini termasuk pengetahuan yang harus kita ketahui bersama. Jangan sampai kita salah mengatakan bahwa jumlah planet dalam sistem tata surya saat ini adalah sembilan planet termasuk Pluto, sedangkan sekarang Pluto sudah dikeluarkan dari sistem tata surya. Sebelum buku – buku mata pelajaran direvisi, para pendidik seharusnya memberitahukan kepada murid – muridnya tentang informasi ini. Karena jangan sampai memberikan informasi yang salah dalam pendidikan.

Informasi saat ini memang sangat cepat menyebar. Namun kita tahu kondisi di Indonesia seperti apa. Meskipun beritanya sudah pernah disiarkan melalui televisi mungkin juga berbagi media cetak, namun saya yakin belum semua orang mengetahuinya. Bagi sebagian orang mungkin informasi ini tidak penting. Namun bagi orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan tentu saja informasi ini sangat penting, karena ini bagian dari ilmu pengetahuan. Jadi, jika kita ditanya berapa jumlah planet dalam sistem tata surya, kita tidak akan menjawabnya dengan sembilan lagi namun delapan.

Untuk sebagian orang informasi ini mungkin saja tidak ada artinya. Baik Pluto termasuk dalam sistem tata surya maupun tidak hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap mereka. Namun bagi saya semua ilmu pengetahuan itu penting dan tidak ada ruginya untuk mengetahuinya.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


 

Sejak 13 Februari 2006, Anda pengunjung ke: